audio play

Senin, 09 Februari 2015

Calon Antariksawan indonesia

Risman a nugraha


Jakarta 9 febuary
Anda masih ingat astronot pertama indonesia? mungkin sebagian dari anda bingung dengan pertanyaan saya ya tidak banyak orang tahu jika indonesia dulu punya astronot walau gagal ke angkasa tapi setidak nya kita harus bangga sebagai bangsa INDONESIA. Ok gan.... monggo di simak ini     ulasanya
Indonesia dulu pernah punya astronot. Hebatnya lagi astronot pertama Indonesia adalah seorang wanita bernama Pratiwi Sudarmono.
Pratiwi adalah seorang ilmuwan dari Universitas Indonesia. Dia lahir tanggal 31 Juli 1952 di Bandung. Saat itu rencananya Indonesia akan memberangkatkan astronot dalam misi STS-61-H yang menggunakan pesawat ulang-alik Columbia. STS-61-H yang direncanakan berangkat tahun 1986 ini akan meluncurkan tiga satelit komersil Skynet 4A, Palapa B3 and Westar 6S.
Palapa B3 merupakan satelit Indonesia. Karena itu pemerintah merasa perlu memberangkatkan astronot sendiri. Rencananya Pratiwi akan menjadi pay load specialist, atau kru yang mengoperasikan satelit Palapa B-3 dalam misi tersebut. Untuk astronot cadangan, ditunjuk Taufik Akbar yang merupakan engineer dari PT Telkom.
Keduanya sudah lama berlatih di bawah bimbingan NASA Amerika Serikat. Pemerintah RI sudah mengeluarkan biaya cukup besar untuk latihan ini. Pratiwi dan Taufik pun sudah siap diterbangkan ke luar angkasa.
Tapi sebuah musibah terjadi. Pesawat ulang-alik Challengger yang hendak menuaikan misi STS-51-L, meledak sesaat setelah diluncurkan. Challenger meledak tanggal 28 Januari 1986, hanya 73 detik setelah diluncurkan. Tujuh kru tewas dalam insiden ini.
Akibat dari insiden ini, NASA membatalkan beberapa penerbangan ke luar angkasa. Termasuk Columbia yang akan mengangkut satelit Palapa B-3 milik Indonesia.
Para astronot dalam misi penerbangan itu pun batal berangkat. Satelit B-3 akhirnya diluncurkan dengan roket Delta, tanpa kehadiran astronot dari Indonesia.
Setelah itu tak pernah ada lagi rencana Indonesia mengirimkan astronot ke luar angkasa. Pratiwi Sudarmono meneruskan karirnya sebagai ilmuwan, dan Taufik Akbar juga terus berkarir di PT Telkom.
Tapi bukan artikel ini yang akan saya bahas LANJUT......
Tahun ini 2015 indonesia punya calon Antariksawan ya  saya menyebut nya begitu karna astronot itu milik NASA yang bernama Risman a nugraha  saat ini risman masih tes di   AXE apollo space academy untuk menjalani berbagai pelatihan agar lolos sebagai seorang astronot ya bisa anda bayangkan itu sangat sulit karna banyak kontestan dari negara lain yang yang lebih menunjukan kriterianya sebagai calon astronot tapi tidak untuk risman dia berjuang keras untuk mengharumkan nama bangsa ini kita patut memberi dukungan moril untuk dia karna rizman adalah salah satu putra terbaik indonesia dan kini risman menjalani tes akhir di AXE apollo space academy  Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot terlatih dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang bernama XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan calon astronot Indonesia pertama ini sejauh 103 km dengan durasi perjalanan 60 menit.Keren....akhirnya ada juga orang indonesia bisa terbang  ke luar angkasa.
Ini akan menjadi tonggak sejarah baru bagi bangsa dibarengi dengan berbagai riset yang di lakukan LAPAN demi membuat wahana ruang angkasa made in indonesia bukan tidak mungkin apa yang dilakukan LAPAN saat ini bisa membuat pesawat ruang angkasa sendiri atau bahkan stasiun luar angkasa milik indonesia  ini bukan mimpi atau angan_angan belaka karna sekarang banyak ilmuwan indonesia yang bekerja untuk NASA dan berbagai prestasi pun telah di raih generasi penerus bangsa di berbagai bidang baik sains,tehnologi dsb....
Mungkin nanti ada orang pertama yang menginjakkan kaki di planet mars ya itu orang indonesia
Maju INDONESIA ku selamat berjuang para PAHLAWAN ku 

Tidak ada komentar: